Beberapa tips/kiat yang akan membuat anda suskes dalam belajar, Apa sajakah itu?


Beberapa tips/kiat yang akan membuat anda suskes dalam belajar, Apa sajakah itu?
Kini anda semakin bersemangat mencari ilmu. Ya enggak?? memnag begitulah semestinya sikap anda terhadap ilmu. ilmu apa saja seyogiyanya anda tuntut, selama akan membuat manfaat di dunia dan di akhirat. Namun, ketauhilah, anda tidak akan memperoleh ilmu yang bermanfaat jika tidak memiliki kiat atau cara tertentu dalam mencarinya. nah dibawah ini adalah tips/kiat belajar yang dapat anda terapkan. 




1. Menata Niat
 Sebelum anda memutuskan untuk mencari ilmu , tentukan dulu niatnya. Apa yang mendorong anda mencari ilmu? Dan apa tujuan anda mencari ilmu?


Beberapa tips/kiat yang akan membuat anda suskes dalam belajar, Apa sajakah itu?

2. Memilih Ilmu
Maksud memilih ilmu itu ialah yang petama menentukan cabang ilmu yang sesuai dengan bakat dan keahlian anda, kedua menentukan ilmu apa yang anda rasakan amat mendesak untuk dipelajari, terakhir adalah menentukan ilmu apa yang akan membawa dampak positif, baik bagi diri anda keluarga anda maupun masyarakat anda. 


Beberapa tips/kiat yang akan membuat anda suskes dalam belajar, Apa sajakah itu?


3. Memilih Guru
Memilih guru tentu saja amat penting. Karena setelah orangtua, gurulah yang menjadi pembimbing kita untuk mejalani hidup secara baik dan benar berdasarkan syariat islam. Karena itu, piihlah guru, ustad, kiai, ulama yang benear-benar pewaris Nabi. 


4. Memilih Teman 
Ingat, pengaruh lingkungan, termasuk teman belajar anda, sangat besar terhadap keberhasilan belajar. Karena itu, kalau anda ingin sukses mencari ilmu, pilihlah teman yang rajin belajar. Berteman dengan orang yang punya kecintaan terhadap ilmu itu akan membawa keberutungan bagi anda.

5. Mengagungkan Ilmu 
Diantara mengungkapkan ilmu adalah memiliki keyakinan bahwa nilai ilmu itu lebih utama daripada harta, ilmu iyu akan menjaga kita, sertailmu akan mengatarkan kita pada amal dan keikhlasan dan juga ilmu lah yang akan membimbig kita menuju kebhagiaan dan ketentraman hidup di dunia dan di akhirat.


6. Memelihara Tekad dan Kesungguhan
Ketika kamu memulai belajar, tentu membawa tekad tersendiri. Begitu juga, dalam menjalani proses belajar, kamu tentu menyertakan kesungguhannya. Karena kemungkinan anda akan bertemu dengan kejenuhan belajar. Agar tidak mengalami kegagalan dalam belajar, hendaknya anda memelihara tekad dan kesungguhan.

7. Berkesinambungan
Kamu juga tahu betul bahwa kita di wajibkan mencari ilmu sejak kita kecil sampai meninggalkan alam fana ini. Itu pula yang  dimaksud berkesinmbungan. Selain itu, berkesinambungan mengandung arti tidak putus asa dalam mencari ilmu.




8. Menentukan Cita-cita
 Anda masih ingat slogan ini; " Gantungkan cita-citamu setinggi langit!" Bagaimana menurut anda? Betul juga! Karena dengan adanya cita-cita yang anda canagkan, anda akan lebih terpacu dan lebih bersemangat mencari ilmu.
 


9. Menciptakan Iklim Berkompetisi 
Iklim berkompetisi dalam belajar perlu juga anda ciptakan. Tentu saja kompetisi belajar yang sehat. Adanya iklim kompetisi yang sehat dalam belajar itu dimaksudkan untuk lebih mudah menemukan kekurangan dan kelemahaan anda. Dengan cara demikian, anda dapat memperbaikinya.

10. Senantiasa Bertawakal dan Sabar

Bertawakal dan bersabar diwujudkan dalam usaha yang gigih dalam mencari ilmu. Bila suatu saat mengalami kegagalan, sikap tawakal dan kesabaran akan membantu membangkitkan kembali semangat, tekad, dan kesungguhan anda.




11. Senantiasa Berdoa
"Berjuang sambil berdoa" itu adalah salah satu pepatah. bagaimanapun usaha keras anda tunjukan dalam belajar, percayalah , anada tetap membutuhkan kekuatan lain. Itulah perlunya berdoa.


12. Menentukan Waktu atau Menciptakan Manajemen Belajar
Mencari ilmu atau belajar memerlukan perhatian dan sikap serius. Karena itu, selayaknyaa anda menata jadwal kegiiatan anda disesuaikan dengan kebutuhan anda akan ilmu pengetahuan. Kegiatan anda lainnya perlu anda pertimbangkan. Insya Allah, manajemen belajar yang tepat, akan menghantarkan anda ke gerbang kesuksesan.



Nah, itulah beberapa tips/kiat belajar sukses semoga bermanfaat buat anda yang sedang menimba ilmu dimanapun anda berada atau sedang kebingungan dalam memilih jurusan tips ini akan sangat membantu anda menuju kesuksesan... :-)

Subscribe to receive free email updates: